Bagaimana Menjaga Anjing Anda Sehat dan Aman – Memiliki seekor anjing membutuhkan lebih dari sekadar memberi makan, memandikan, dan bermain dengan mereka. Ini lebih tentang memastikan mereka aman dan sehat. Kita dapat mengatakan bahwa merawat anjing mirip dengan memiliki anak.

Bagaimana Menjaga Anjing Anda Sehat dan Aman

anypup  РAnjing memiliki kebutuhan yang sama untuk dicintai, dipeluk, diberi makan, dibersihkan, dan dibawa ke pemeriksaan rutin. Mereka pun bisa sakit, menderita kondisi kesehatan tertentu, bahkan mengidap penyakit. Untuk merawat teman berbulu kesayangan Anda dengan baik, Anda perlu tahu bagaimana menjaga anjing Anda tetap sehat dan aman .

Baca Juga : Pentingnya Kesehatan Anjing Dalam Kehidupan Kita

Jika Anda adalah pemilik anjing pertama kali, Anda mungkin tidak yakin bagaimana cara merawat anjing Anda. Untuk membantu Anda dengan itu, dalam artikel ini, kami memberi Anda cara untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. Mari kita periksa mereka!

Beri Mereka Makan Dengan Makanan Sehat

Anda tahu bagaimana mereka berkata, “Kamu adalah apa yang kamu makan”? Nah, hal yang sama berlaku untuk anjing. Yaitu, jika Anda memberi anjing Anda makanan sehat, itu akan menjadi sehat dan jika Anda memberi mereka makanan berkualitas rendah, kaya karbohidrat, dan kurang nutrisi, mereka akan menjadi tidak sehat dan rentan terhadap masalah kesehatan tertentu.

Oleh karena itu, Anda perlu memberi makan anjing Anda dengan makanan berkualitas dan bergizi, tanpa bahan tambahan buatan. Ini satu-satunya cara untuk memastikan diet seimbang dan hidup sehat. Mengingat bahwa protein murni adalah nutrisi penting untuk anjing, produk apa pun yang tidak mengandung protein dalam bentuk itu, tidak boleh dibeli. Selain itu, Anda perlu mewaspadai produk murah karena cenderung mengandung produk sampingan dan bahan pengisi.

Bawa Anjing Anda ke Pemeriksaan Rutin ke Dokter Hewan

Salah satu cara dasar untuk menjaga kesehatan anjing Anda adalah dengan membawanya ke pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Mereka akan memeriksa anjing Anda dan membuat beberapa analisis untuk memastikan semuanya baik-baik saja. Jika ada masalah, mereka akan melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Dan, tentu saja, ada vaksinasi sebagai salah satu hal penting untuk menjaga anjing Anda tetap aman dan sehat. Ini akan melindungi mereka dari kondisi dan penyakit kesehatan tertentu, atau setidaknya membantu mereka pulih dari kondisi yang sama.

Mencegah Hama Menyerang Anjing Anda

Kami percaya kita semua bisa sepakat bahwa tidak ada yang lebih menyebalkan daripada hama. Begitu kecil, namun begitu menjengkelkan dan keras kepala. Dari cacing hingga kutu hingga kutu, Anda perlu melindungi anjing Anda dari serangga kecil ini. Untuk melakukan itu, Anda perlu menggunakan kutu, kutu, atau produk perawatan hama lainnya, terutama di musim semi dan musim gugur. Ada banyak produk yang bisa Anda pilih, mulai dari kerah kutu/tick hingga sampo hingga pil. Namun, untuk memastikan Anda menggunakan produk yang tepat, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Anjing-Bukti Rumah Anda

Di awal artikel ini, kami menyebutkan bahwa merawat anjing mirip dengan merawat bayi. Inilah hal ibu yang membuktikan itu. Yaitu, Anda perlu melindungi rumah Anda dari anjing untuk melindungi anjing Anda agar tidak bersentuhan dengan barang dan produk yang dapat membahayakan mereka. Ini terutama berlaku untuk zat beracun seperti obat-obatan, obat resep, antibeku, dan pembersih rumah tangga. Juga, Anda perlu memeriksa kebun Anda untuk tanaman beracun, seperti tulip, lili, dan azalea, dan membuangnya.

Sterilkan Anjing Anda

Tidak peduli seberapa kejam dan menghancurkannya, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga anjing Anda tetap aman. Mengapa? Itu karena anjing betina dan keturunannya dapat menghasilkan puluhan ribu anjing dalam beberapa tahun. Dengan begitu banyak anjing di dunia ini, sayangnya banyak dari mereka yang ditinggalkan di jalanan atau ditinggalkan. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada anjing Anda dan keturunannya, Anda harus mensterilkannya setelah mereka menghasilkan satu atau beberapa anak anjing.

Selain yang satu ini, ada beberapa alasan lain untuk mensterilkan anjing Anda. Yang pertama adalah mengurangi risiko anjing Anda terkena kanker. Alasan kedua adalah untuk mencegah anjing jantan menjadi agresif terhadap manusia dan hewan peliharaan lainnya ketika ada anjing betina yang sedang berahi. Dan, alasan terakhir adalah untuk mencegah mereka melarikan diri dari rumah mereka dan berkelahi dengan anjing lain yang tidak steril akibat mengejar betina yang ingin mereka ajak bereproduksi.

Seperti yang Anda lihat, cara terbaik untuk mencegah semua hal ini terjadi adalah dengan mengebiri anjing Anda. Anda mungkin merasa kasihan pada anjing Anda, tetapi setidaknya Anda akan yakin bahwa mereka tetap sehat dan aman.

Pasang Pagar Anjing di Halaman Anda

Jika Anda tidak ingin anjing Anda diikat di rumah, Anda dapat memasang pagar anjing di halaman Anda. Pagar ini mencegah hewan peliharaan Anda meninggalkan properti Anda tanpa Anda sadari. Mereka juga bagus untuk melatih anjing Anda.

Anda dapat memilih antara sistem penahanan kabel dan nirkabel sesuai dengan kebutuhan Anda. Yaitu, sistem kabel sangat cocok untuk pekarangan dengan bentuk tidak beraturan. Yang nirkabel, di sisi lain, sangat bagus untuk pekarangan berbentuk biasa dan pemilik yang membenci kabel dan menggali untuk menginstal sistem tersebut.

Apa pun jenis pagar anjing yang Anda pilih, Anda akan membuat keputusan yang tepat untuk menjaga keamanan anjing Anda. Itu karena sistem ini mencegah anjing Anda melarikan diri dan memberi mereka kebebasan yang mereka butuhkan untuk berkeliaran.

Gunakan Tali Saat Di Luar

Jika Anda menggunakan sistem penahanan, Anda tidak perlu mengikat anjing Anda di rumah. Di sisi lain, jika Anda tidak menggunakan sistem jenis ini, Anda harus mengikat anjing Anda untuk mencegah mereka melarikan diri atau menyerang orang karena takut akan sesuatu atau berkelahi dengan anjing lain.

Namun, bahkan jika Anda menggunakan pagar anjing, Anda harus selalu mengikat anjing Anda saat meninggalkan rumah. Ini adalah cara terbaik untuk mengontrol perilaku mereka untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, seperti mengejar pengantar pizza atau anjing lain atau tertabrak mobil setelah berlari di jalan.

Berikan Perhatian Ekstra Di Sekitar Air

Meskipun anjing dikenal sebagai perenang alami, mereka juga dapat jatuh ke air secara tidak sengaja dan tenggelam karena terlalu lelah untuk berenang. Anda harus ekstra hati-hati jika Anda memiliki anjing yang lebih kecil atau anjing dengan hidung pendek atau pesek karena mereka berisiko lebih tinggi tenggelam. Itulah mengapa Anda perlu mengamankan anjing Anda dengan alat pelampung atau memastikan mereka aman saat berada di sekitar air dengan menjauhkannya dari air.

Microchip Anjing Anda

Microchipping adalah cara yang bagus untuk menjaga anjing Anda tetap aman. Prosedur ini melibatkan microchip yang diselipkan di bawah kulit anjing oleh dokter hewan. Chip tersebut berisi semua informasi penting tentang anjing sehingga jika hilang, ia akan memberikan nama pemilik dan data lain untuk menemukan pemiliknya. Bahkan jika anjing itu diselamatkan dari jalan dan dibawa ke tempat penampungan hewan, staf di sana akan memindai chip dan menemukan pemiliknya dalam waktu singkat.

Jangan Pernah Meninggalkan Anjing Anda Sendirian di dalam Mobil

Meninggalkan anjing Anda sendirian di dalam mobil dapat menyebabkan kelelahan akibat panas, terutama selama bulan-bulan musim panas. Ini karena mobil yang tertutup dapat menghasilkan panas yang cukup untuk merusak otak Anda atau bahkan membunuh Anda hanya dalam 15 menit.

Alasan lain untuk tidak meninggalkan anjing Anda sendirian di dalam mobil adalah karena anjing tersebut dapat dicuri. Ini terutama terjadi pada anjing ras. Namun, bahkan jika anjing Anda bukan ras murni, anjing tersebut masih dapat dicuri seperti digunakan dalam perkelahian anjing atau dijual ke laboratorium untuk eksperimen hewan.

Itulah mengapa Anda harus meminta seseorang tinggal di dalam mobil bersama anjing Anda, dengan pintu atau jendela terbuka, atau membawanya bersama Anda. Jika yang terakhir tidak memungkinkan ke mana Anda pergi, lebih baik meninggalkannya di rumah bersama anggota keluarga lainnya, atau bahkan sendirian.